Jumat, 26 Juli 2013

Pelajaran 1 ; Meneroka Alam Semesta



Media pembelajaran mampu berkontribusi terhadap suasana kelas. Oleh karena itu penyusun berusaha untuk membuat sebuah media dengan harapan para siswa tidak lagi bosan dengan suasana pembeljaran dalam kelas, khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Selama ini mata pelajaran bahasa Indonesia terkesan membosankan dan metode CBSA (Catat Buku Sampai Abis), terus berkembang ditengah-tengah era digital ini. Kenapa hal ini terus terjadi di tengah gencarnya pemerintah melakukan sertifikasi untuk mengangkat derajat guru sebagai tenaga profesional. Perlu diketahui bahwa penyusun belum termasuk guru sertifikasi.
Dalam pembuatan media pembelajaran seri Kurikulum 2013 "Pelajaran 1 Meneroka Alam Semesta" merupakan metode yang penyusun kembangkan dari pengalaman mengajar yang terhitung masih baru (1997-sekarang) merupakan penggabungan dari penerapan metode kepramukaan (notabene aktifis Gerakan Pramuka / Pembina)  dengan mengedepankan penilaian portofolio yang telah penyusun uji di sekolah tempat bertugas. Alhamdulillah keceriaan dan pengetahuan yang berkembang melebihi target yang penyusun harapkan saat masih menggunakan KTSP. Keceriaan ketika menerima mata pelajaran bahasa Indonesia myang menjadi harapan penyususun menjadi kenyataan. Bahkan mata pelajaran ini termasuk favorit di kelas yang penyusun ajar.
Media pembelajaran ini dilengkapi Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pelajaran, Bacaan, Tugas-tugas, dan video pendukung pembelajaran maupun motivasi telah terselip dalam media pembelajaran yang penyusun buat.
Berikut link Media Pembelajaran pada Pelajaran 1 Meneroka Alam Semesta dapat anda unduh disini!
Masih banyak lagi media yang penyusun buat. Nantikan pada sesi berikutnya!

Admin
Afif Ali, S.Pd
Pembina Pramuka dan Guru UPT SMK Negeri 1 Pasuruan

3 komentar:

  1. link downloadnya error pak tak bisa di unduh

    BalasHapus
  2. terima kasih, segera saya cek dan perbaiki

    BalasHapus
  3. Alhamdulillaah, pengunduhan sudah diperbaiki melalui 4shared.com dan mediafire.
    Jika masih menemukan kesulitan maupun berkas eror segera beri komentar, agar saya dapat segera memperbaikinya.
    Terima kasih

    BalasHapus