Kamis, 09 Februari 2017

Buku Panduan Pramuka Cikal Penegak


 Buku adalah jendela dunia, dan sumber informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.
Rendahnya minat pembaca tidak menyurutkan penulis untuk berkarya menorehkan sebuah karya tulis. Melalui pengalaman-pengalaman yang dilalui selama mengikuti kepramukaan, penulis mencoba mengungkap materi pramuka khususnya golongan penegak.
Sebagaimana khalayak ketahui bersama, dan sudah barang tentu bukan lagi rahasia. Bahwa kepramukaan bukan lagi menjadi opsi utama anak muda. Bahkan untuk mereka yang seusia SD sekalipun. Mengapa demikian? Sebuah pertanyaan menggelitik yang seharusnya bukan hanya dijawab dengan argumentasi belaka. Namun lebih dari itu. Inilah tantangan sebenarnya.
Sebagai wadah generasi muda yang multi talent, Pramuka termasuk terasingkan diantara ekstrakurikuler di satuan pendidikan. Bahkan dapat dikatakan dikebiri, saat butuh dilirik (sebagaimana Kurikulum 2013), namun kenyataan yang terjadi di lapangan seperti anak ayam kehilangan induknya. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak sejalan dengan Undang-undang. Bahkan Kwartir selaku induk Gerakan Pramuka berjalan sesuai program yang mereka rencanakan saja.
Oleh karena itu, melalui Buku Panduan Pramuka Cikal Penegak sebagaimana tajuk buku ini, penulis mencoba memberikan solusi dan menjawab tantangan-tantangan sesuai keinginan masyarakat. Mengingat petuah dari seorang Kakak Pembina bahwa “ Pramuka bukan seragamnya, namun keikutsertaannya membangun masyarakat”. Buku ini dilengkapi Silabus Pramuka Penegak sesuai PP 199 Tahun 2011 tentang Penyelesaian SKU Pramuka Penegak (Silabus) dengan tujuan mempermudah Pembina maupun adik-adik ambalan untuk membuat program kerja pramuka.
Bagi Kakak-kakak yang berminat dapat menghubungi kami:
CP. Ade Scout (Afif Ali) HP / WA 085730107000
Atau
Pondok Sekar Indah 2
Jalan Candi Penataran Blok O / 1
Kota Pasuruan

Ikutilah Fanspage kami di facebook Buku Panduan Pramuka Cikal Penegak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar